Tutorial Blogger HTML CSS SEO
Tutorial mengenai Blogger, HTML, CSS, SEO, hingga Web Design untuk pemula dan menengah. Semuanya tersedia secara gratis dan mudah dipahami.
Cara terbaru agar blog atau website bisa terindeks oleh google webmaster

Cara terbaru agar blog atau website bisa terindeks oleh google webmaster

December 10, 2019   Ikhsan Maulana   0
cara melakukan indeks google
Sebagai blogger kita tentunya ingin blog kita bisa terindeks oleh mesin pencari Google, karena itulah salah satu jalan agar kita mendapatkan visitor atau pengunjung. Karena dengan terindeksnya blog kita di google, maka dapat dipastikan bahwa blog kita setidaknya kita bisa cari melalui mesin pencari. Mendapatkan visitornya menjadi syarat utama agar blog kita lebih dikenal, lebih bernilai dan lebih meyakinkan untuk didaftarkan ke program-program monetasi.

Walaupun sebenarnya kita dapat mendapatkan pengunjung melalui media sosial, kita tetap wajib mengindeks blog kita ke Google. Karena Google sendiri masih menjadi mesin pencari nomor satu yang digunakan oleh hampir semua orang. Sehingga amat penting bagi kita untuk memanfaatkan hal tersebut.

Terdapat sebuah fakta menarik tentang mesin pencari Google yang saya dapatkan dari searchengineland.com, yaitu :
Terdapat 63.000 pencarian yang dilakukan pengguna Google setiap detiknya, hal itu setara dengan 2 triliun pencarian pertahun, 5.6 miliar perhari, 228 Juta perjam dan 3,8 juta permenit.
statistik google
Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk mengindeks blog atau website kita ke perusahaan dengan nilai saham triliunan tersebut.

Cara mengindeks blog dan website ke Google

Perhatian
Untuk melakukan tahap ini Anda harus sudah dalam keadaan login ke akun gmail atau blogger Anda. Silahkan melakukan login terlebih dahulu apabila Anda belum melakukan login dengan mengeklik tombol di bawah ini :

Login Blogger

1. Buka website Google Webmaster dengan mengeklik tombol dibawah :

2. Kini akan terbuka website webmaster seperti dibawah ini

cara inspeksi URL - langkah 2

3. Klik tombol "Search Console"

4. Akan terbuka pilihan seperti dibawah ini :

cara inspeksi URL - langkah 4
Keterangan
  1. Isi dengan url blog Anda TANPA HTTP atau HTTPS. (Cth: namablog.blogspot.com)
  2. Tombol Selanjutnya

5. Akan muncul pemberitahuan verifikasi akun

cara inspeksi URL - langkah 5
Perhatian
Apabila Anda menggunakan blogger, maka kepemilikan blog Anda akan secara otomatis terverifikasi. Sedangkan apabila Anda tidak menggunakan blogger, silahkan Anda verifikasi dengan cara mengikuti langkah yang akan diberikan oleh Googlenya.

6. klik tombol "Go To Property"

7. Setelah itu Klik "Mulai"

cara inspeksi URL - langkah 7

8. Kemudian klik "Inspeksi URL" Seperti gambar dibawah :

cara inspeksi URL - langkah 8

9. Masukan URL atau alamat halaman yang ingin kamu indeks dengan lengkap

cara inspeksi URL - langkah 9
Perhatian
Apabila kita baru pertama kali melakukan index, maka masukan terlebih dahulu alamat blog utama Anda. Contohnya https://namablog.com. Baru setelah itu Anda bisa mengindeks halaman postingan.

10. Tekan "Enter"

11. Klik "Request Indexing"

cara inspeksi URL - langkah 11

12. Isi verfikasi sesuai perintah yang diberikan kepada Anda. (Gambar dibawah hanya contoh)

cara inspeksi URL - langkah 12

13. klik "Verify"

14. Klik "Got It"

cara inspeksi URL - langkah 14

15. Sekarang Anda sudah selesai mengajukan pengindeksan ke Blog atau website Anda.

Cara mengetahui blog kita sudah terindeks atau belum

Sebelumnya kita telah melakukan pengajuan indeks ke Google, pastinya kita penasaran dengan status blog kita bukan?

Untuk melihat status blog kita sudah terindeks atau belum, maka Anda bisa mengeceknya dengan melakukan langkah berikut :

1. Buka Google.com dengan mengeklik tombol dibawah :

2. Kemudian Akan terbuka websitenya

3. Gunakan pencarian dengan memasukan URL yang telah Anda Indeks tadi, namun tambahkan tulisan " site:  " didepanya, Contoh :

site: https://inihanyacontohoke.blogspot.com

Untuk lebih detailnya silahkan lihat gambar berikut :
Mesin Pencari Google

4. Kemudian akan mucul hasil pencarianya, dan hasil pencarian tersebut akan memperlihatkan status indeks blog kita.

Bila Sudah terindeks
Bila sudah terindeks Google, maka hasil pencarianya akan seperti ini :

Hasil pencarian google
Bisa dilihat bahwa postingan kita akan muncul di hasil pencarian.
Bila belum terindeks
Apabila URL yang kita masukan di Google Webmaster tadi belum terindeks maka hasil pencarianya akan seperti ini :

Hasil pencarian google
Bisa dilihat bahwa kita tidak menemukan hasil pencariannya, maka dapat dipastikan URL blog atau postingannya belum terindeks.

Kenapa URL saya belum terindeks?

Apabila artikelmu belum terindeks, tenang saja, tak usah panik. Hal tersebut wajar terjadi, karena Google butuh waktu untuk mengindeks blog atau websitemu.

Tentu saja diluar sana bukan hanya kita yang mengajukan pengindeksan, ada ribuan, atau mungkin bahkan jutaan orang melakukan hal yang sama dengan kita. Sehingga kita perlu "mengantri" untuk dapat di indeks oleh Google.

Sehingga setelah kita melakukan inspeksi URL tadi, hendaknya kita menunggu saja URL kita di indeks oleh Google. Kita bisa tetap melanjutkan menulis sambil menunggu hasilnya.

INGAT! melakukan pengajuan indeks atau inspeksi URL berulang kali TIDAK AKAN BERPENGARUH terhadap kecepatan pengindeksan situs kita. Bahkan situs kita bisa di masukan oleh Google ke dalam kategori SPAM.

Jadi saya sarankan untuk tidak melakukan pengindeksan berulang kali hanya karena URL mu tak kunjung terindeks, tunggu saja dengan sabar sembari terus menulis konten.

Untuk jangka waktu pengindeksan sendiri bervariatif, terkadang hanya beberapa menit saja sudah terindeks. Namun, tidak jarang ada yang sudah berhari-hari bahkan berminggu-minggu URL mereka tak kunjung terindeks Google.

Apabila itu terjadi pada Anda, dimana sudah melebihi 7 hari belum terindeks, maka silahkan coba ajukan kembali pengindeksan dengan cara diatas.

Pengindeksan ulang URL setelah konten diperbaharui

Sebagai penulis, terkadang kita merasa postingan atau konten yang kita tulis kurang memuaskan, kurang lengkap atau ada kesalahan. Sehingga hal tersebut membuat kita mau tidak mau memperbaharui tulisan kita.

Apabila Anda melakukan hal tersebut, pastikan bahwa Anda kembali melakukan pengajuan indeks atau inspeksi URL dengan cara diatas menggunakan URL postingan yang Anda perbaharui.

Kemudian Anda akan menemukan hasil seperti ini :
Google webmaster
KETERANGAN :
  1. Menunjukan artikel Anda berstatus telah terindex.
  2. Tombol untuk mengajukan pengindeksan ulang.

Silahkan klik "Request Indexing" untuk memproses indeks baru

Setelah itu proses pengindeksan ulang telah berhasil, Anda tidak perlu menunggu dan mengeceknya kembali. Cukup satu kali saja melakukan pengindeksan ulang, nanti dengan sendirinya Google akan merayapi kembali postingan kita.

Kenapa saya harus mengindeks ulang setelah memperbaharui konten?

Pada dasarnya Google ketika merayapi situs kita, ia mengambil data dari blog kita berupa URL yang ada di blog kita, kata kunci yang kita masukan di blog, gambar dan hal-hal lainya.

Data yang telah Google dapati dari hasil merayapi situs kita, akan mereka simpan sebagai data yang akan mereka gunakan sebagai referensi pencarian dan sebagai data yang bisa mereka olah untuk memahami konteks blog kita.

Karena tentunya Google melakukan pengindeksan menggunakan robot yang telah diprogram sedemikian rupa. Jadi hakikatnya program Google itu tidak tahu maksud atau konteks postingan blog kita, mereka baru bisa mengetahuinya setelah mereka mengolah data dari indeks postingan kita, salah satu data terpentingnya adalah kata kunci yang kita gunakan di postingan tersebut.

Adapun program Google tersebut disebut dengan LSI atau Latent Semantic Indexing.

Sehingga ketika kita memperbaharui postingan kita, tentunya kita menambahkan atau mungkin mengurangi kata-kata di postingan kita. Kemudian kata-kata tersebut akan diproses menjadi salah satu kata kunci dari postingan kita.

Maka sangat penting bagi kita untuk melakukan pengindeksan ulang, agar kita bisa memberi tahu Google bahwa kita telah menambahkan atau mengurangi kata kunci di postingan kita.

Akhir Kata

Itulah tutorial dan sedikit penjelasan mengenai cara agar blog kita bisa terindeks Google. Semoga artikel ini dapat membuat kita lebih paham mengenai dunia blogger, khususnya kita bisa lebih memahami cara kerja mesin pencari Google walaupun baru dasarnya saja.

Apabila Anda menemukan masalah atau ada yang belum dimengerti, jangan ragu untuk mendiskusikanya di kolom komentar ya!
Info Penulis
foto profil
Ikhsan Maulana

Seorang Mahasiswa biasa di kampus biasa-biasa dengan lingkungan yang biasa-biasa namun mencoba meraih hal yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar & Diskusi

Belum Terdapat Komentar

Ayo Jadilah Yang Pertama Berkomentar!

Semua Link Aktif Akan Disembunyikan.

TERPOPULER

TERBARU

Jelajahi.