Tutorial Blogger HTML CSS SEO
Tutorial mengenai Blogger, HTML, CSS, SEO, hingga Web Design untuk pemula dan menengah. Semuanya tersedia secara gratis dan mudah dipahami.
Pengertian blog, fungsi dan perbedaanya dengan website

Pengertian blog, fungsi dan perbedaanya dengan website

December 08, 2019   Ikhsan Maulana   3
apa itu blog
Apabila Anda berencana membuat website atau blog, mungkin Anda awalnya akan bingung dengan perbedaan istilah tersebut. Karena mungkin Anda belum tau pengertian blog dan website, dan juga fungsi hingga perbedaan antara blog dan website.

Tapi tidak apa-apa, saya jamin Anda bukan satu-satunya orang yang bingung, karena sayapun dulu masih bingung apa perbedaan blog dan website.
Sebenarnya, perbedaan antara blog dan website tidak banyak, hanya sedikit saja. Karena keduanya sebenarnya adalah sama-sama website, namun pembedaan nama antara keduanya tentu bukan tanpa alasan. Keduanya memiliki peran masing-masing.

Untuk lebih mengerti secara mendalam mari kita simak pengertian blog dan website menurut para ahli.

Apa itu Blog dan Website?

apa itu blog?
Pengertian blog & website / rawpixel

Pengertian Blog

Menurut Anya Skrba, seorang ahli content creator di firstguide.com, menjelaskan bahwa
blog adalah singkatan dari weblog yang mana isinya merupakan jurnal online atau situs yang menyajikan informasi dengan membalikan kronologi penulisan secara terbalik, yaitu tulisan terbaru disajikan di awal sedangkan tulisan paling pertama diposting disajikan terakhir.
Menurutnya juga blog merupakan tempat bagi para penulis untuk membagikan pemikiran dan pendapat mereka kepada publik melalui tulisan.

Kemudian menurut website growthmareketingpro.com, blog juga biasanya memiliki konten berisi artikel-artikel. Kemudian artikel dalam blog tersebut disebut dengan "blog-post". 

Artikel dalam blog juga bersifat dinamis, atau terus menerus  bertambah seiring dengan waktu. Dalam satu blog bahkan terkadang terdapat 2-5 artikel baru setiap harinya, (tidak seperti blog ini yang lumayan jarang update hehe.... #malasMungkin???).

Berikut beberapa contoh blog yang sudah besar :
  • Internasional
    1. Huffington Post
    2. TMZ
    3. Bussines Insider
    4. Mashable
  • Nasional
    1. Maxmanroe
    2. Blogdokter.net
    3. Sugeng.ID (blogger pasti tau)
    4. Bloggerologi.com (aamiinn hehe)

Pengertian Website

Mungkin sampai sudah tergambar ya defisini dan pengertian blog seperti apa, sekarang mari kita lihat definisi website menurut Merriam Webster
Website merupakan merupakan kumpulan halaman online yang didalamnya terdapat hubungan antara satu domain dengan domain lainya, yang mana website dikelola oleh seorang individu, perusahaan ataupun organisasi.
Ditambah dengan penjelasan dari website growthmareketingpro.com, yang menurutnya website itu bersifat statis (kebalikan dari sifat blog yang dinamis).

Artinya website merupakan halaman yang tidak selalu bertambah atau berganti kontennya. Website biasanya digunakan untuk bisnis, pemerintahan, agensi, portofolio perusahaan atau bahkan individu.

Biasanya tujuan utama website adalah memberikan informasi kepada pengunjung mengenai satu hal, cara kerjanya mirip dengan sebuah brosur, portofolio atau juga buletin.

Website juga bisa digunakan sebagai platform atau forum atau juga aplikasi untuk berinteraksi antar pengguna, Contohnya seperti website :
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Kaskus
  4. Quora
  5. Brainly dan lain-lain

Fungsi blog

fungsi blog
fungsi blog / freepik
Banyak alasan kenapa orang-orang memulai untuk membuat blog, diantaranya adalah untuk mendapatkan uang.

Apabila Anda adalah seorang yang sedang menjalankan bisnis, maka blog bisa menjadi pilihan bagus untuk mendapatkan perhatian konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Karena dengan membuat blog, Anda akan mendapatkan orang-orang yang mencari produk Anda. Berbeda dengan Anda hanya membuat website saja, maka websitemu mungkin akan tenggelam dan tidak bersaing di mesin pencari.

Sedangkan dengan adanya blog, maka situsmu akan lebih hidup dan bisa bersaing di mesin pencari. Sehingga Anda akan mendapatkan pengunjung sesuai target bisnismu.

Contohnya begini, apabila saya memiliki bisnis jasa pembuatan website, maka dengan membuat blog mengenai pembuatan website, saya akan mendapatkan pengunjung yang sedang berniat untuk membuat website.

Sehingga disitulah saya mulai mengenalkan dan mempromosikan bisnis saya setelah pengunjung membaca blog yang saya tulis. Kemudian saya arahkan mereka menuju website saya yang berisi penawaran pembuatan website.

Apabila Anda bukan pebisnis pun tentu saja blog masih menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kita, blog bisa menjadi penyalur lidah kita yang mungkin sulit untuk membagikan pengalaman hidup kita secara lisan. Maka blog lah yang bisa kita gunakan sebagai wadah berbagi cerita, pengalaman hingga ilmu kita.

Kemudian, Andapun sebagai blogger akan tetap dapat mendapatkan uang melalui blog, caranya ialah dengan memonetisasi blog kita. Yaitu kita mendaftarkan blog kita sebagai Publisher di situs Google Adsense, MG.id, dan lainya.

Simpelnya memonetisasi ialah kegiatan menempatkan iklan orang lain kedalam konten kita, sehingga para pengiklan akan membayar kepada kita karena telah kita tayangkan iklan mereka.

Struktur Blog

Blog tentu memiliki struktur khas dibanding dengan website, karena blog terdiri dari kumpulan artikel maka blog bisa dibilang memiliki struktur yang "terbatas", karena banyak faktor yang membuat blog harus memiliki struktur yang simpel dan mudah dimengerti banyak orang.

Walaupun begitu tentu struktur blog akan berubah menyesuaikan zamanya, terkadang perubahan zaman akan menambahkan fitur baru dan halaman baru kepada situs dengan kategori blog.

Namun, inilah struktur umum dari sebuah blog :

Struktur Blog
  • Header, biasanya berisi menu, logo dan navigasi pencarian.
  • Main Content, berisi konten blog tersebut, yaitu artikel.
  • Sidebar, berisi mengenai artikel terbaru, artikel terpopuler, atau mungkin kartu berisi profil penulis.
  • Footer, berisi link yang relevan dengan blog tersebut, contohnya link "about", "contact", dan lain-lain.

Lalu Bagaimana Cara Membedakan Blog dengan Website?

perbedaan blog dan website
perbedaan blog & website / freepik
Setelah kita mengetahui pengertian dan perbedaan blog dan website, kini kita akan belajar bagaimana caranya kita membedakan website dan blog.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa website memiliki sifat halaman yang statis, sedangkan blog bersifat dinamis.

Namun, bagaimana jadinya apabila sebuahh situs memiliki halaman statis dan dinamis disaat yang bersamaan? contohnya blog ini yang isi kontennya adalah blog tapi juga memiliki halaman statis seperti halaman "About", "Contact", "Privacy Policy" dan lainya?

Apabila kasusnya seperti itu maka, cara termudah adalah kita melihat konten utama dari situs tersebut. 

Apabila konten utamanya adalah artikel maka situs itu adalah blog.

Tetapi apabila situs itu konten utamanya berupa penawaran bisnis, kerja sama, produk dan lainya, maka situs itu adalah website.

Apa itu Blogging?

apa itu blogging
Blogging / freepik
Blogging merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan aktifitas menulis atau mengelola sebuah blog.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari firstguide.com istilah blogging ini pertama kali muncul pada tahun 2000an, ketika blog pada saat itu banyak digunakan untuk membicarakan topik politik.

Kemudian setelah itu hadir blog dengan tema how-to atau tutorial. Kemudian setelah itu terdapat institusi-institusi yang membedakan antara jurnalisme dan blogging.

Definisi blogging

Blogging bisa juga didefinisikan dengan kumpulan skill yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah blog, yaitu skill menulis, skill membagikan konten dan mengelola konten tersebut.

Kenapa Blogging kini begitu populer?

Kini blogging merupakan aktifitas yang sangat populer dan terus semakin populer, banyak orang yang terjun dan bergabung untuk menjadi salah satu orang yang melakukan aktifitas blogging.

Bahkan menurut data yang saya dapatkan dari antaranews.com, jumlah blogger di Indonesia pada tahun 2015 berjumlah 3 juta atau 3.5% dari total pengguna internet pada 2015 yaitu 88,1 juta pengguna.

data jumlah blogger indonesia

Sedangkan menurut katadata.co.id kini pada tahun 2019 total pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 107 juta pengguna dan akan terus bertambah menjadi 119 juta pada 2020.

data pengguna internet indonesia
data pengguna internet indonesia / katadata
Bisa kita bayangkan berapa jumlah blogger di Indonesia pada saat ini.

Alasan blogging menjadi populer

Tedapat banyak faktor yang menyebabkan aktifitas blogging ini begitu populer, diantaranya :

1. Blogger menjadi sumber informasi mainstream (artinya blogger digunakan oleh banyak sekali orang sebagai sumber infromasi).

2. Melalui blogging, perusahan bisa terus memantau konsumen.

3. Melalui blogging, pengunjung dapat berinteraksi dengan penulis.

4. Kita dapat mendapatkan uang dari blog.

Siapa itu blogger?

siapa itu blogger?
siapa itu blogger? / freepik
Akhir-akhir ini cukup banyak orang yang dikenal melalui blognya, katakanlah Marixon Manurung dengan blog Maxmanroe.com nya, Mas Sugeng dengan Sugeng.id nya, ataupun Agus Mulyadi dengan Agusmulyadi.web.id nya.

Mereka semua terkenal melalui blog, mereka ada yang membagikan ilmu tentang marketingnya dan internetnya seperti Marixon Manurung, ada yang membagikan ilmu mengenai blogging seperti Mas sugeng dan bahkan menulis cerita pribadinya yang menggelitik seperti Agus Mulyadi.

Mereka adalah salah tiga contoh dari blogger, yaitu mereka yang menulis pengalaman, pendapat dan ilmunya sekaligus mengelola blognya.

Bisakah mendapatkan uang dari blog?

mendapat uang dari blog

Tentu saja blog dapat membuahkan uang (membuahkan?? ya itulah pokoknya). Namun, perlu di ingat bahwa blogging bukanlah profesi yang dapat membuat kita kaya mendadak! (Ya memang tidak ada sih pekerjaan yang membuat kita kaya mendadak, kecuali dapat warisan mertua... #ehhh...)

Untuk mendapatkan uang dari blogging butuh proses panjang, mulai memahami bagaimana cara menulis konten original, berkualitas dan menarik. hingga memahami Search Engine Optimization (SEO), yang mana blogger lama pun belum tentu mengerti.

Tapi tentu saja hal tersebut tidak membuat mendapatkan uang dengan blogging menjadi mustahil,
Berikut beberapa cara kita dapat mendapatkan uang dari blogging :
  1. Menjual tempat untuk beriklan di blog kita secara personal atau mendaftarkanya ke Google Adsense.
  2. Mempromosikan bisnis Anda melalui blog.
  3. Menjual produk digital Anda, seperti Ebook, tutorial atau konten berkualitas.
  4. Membuka membership untuk mengakses konten Anda atau mungkin untuk berkonsultasi dengan Anda.

Tertarik membuat blog?

tertarik membuat blog?
membuat blog / freepik
Apabila Anda tertarik membuat blog maka Anda harus melakukan beberapa tahap :
  1. Mempersiapkan nama blog Anda
  2. Memilih platform blog (blogger, wordpress, medium, wix dan lainya)
  3. Belajar menulis konten original, menarik dan berkualitas
  4. Mempelajari cara kerja mesin pencari
  5. Membangun koneksi
  6. dan lain-lain...
Saya sarankan apabila Anda seorang pemula dan bisnismu bukan bisnis yang besar, maka saya sarankan untuk menggunakan blogger untuk membuat blogmu.

Karena blogger sendiri tak perlu menyewa hosting, sehingga bebas biaya hosting. Namun, saya menyarankan Anda untuk membeli domain sendiri menggunakan [dot]com atau [dot]id atau [dot]net agar terlihat lebih professional.

Dengan menggunakan blogger, Anda bisa membangun blogmu dengan domain TLD (Top Level Domain) dengan harga tidak lebih dari 150 Ribu saja setahun, sedangkan dengan Wordpress Anda akan membutuhkan setidaknya 300-500 Ribu setahun. 

Hal tersebut dikarenakan Wordpress mengharuskan kita menyewa hosting dengan membayarnya perbulan.
Informasi
Apabila Anda tertarik untuk membuat blog, silahkan klik tombol dibawah ini untuk mendapatkan tutorial membuat blog dengan blogger
Cara membuat blog dengan Blogger

Akhir Kata

Blogging memang kegiatan yang membuat kita lebih produktif, karena menuntut kita untuk terus kreatif dan mencari ide utnuk dituangkan ke dalam blog.

Blogging juga melatih skill menulis kita, karena tentu hal utama yang kita lakukan sebagai blogger adalah menulis.

Disisi lainya masih banyak sisi positif yang dapat kita dapatkan dengan menulis blog, jadi tentu tunggu apalagi? mari kita buat blog!!
Info Penulis
foto profil
Ikhsan Maulana

Seorang Mahasiswa biasa di kampus biasa-biasa dengan lingkungan yang biasa-biasa namun mencoba meraih hal yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar & Diskusi

Terdapat 3 Komentar

Ayo Bergabung Dalam Diskusi!

  1. It typically takes around 93 days or 3 months from application to closing. canadian mortgage calculator If you're making extra payments or exchange signal of an accelerated payment frequency, you'll pay less interest and be mortgage-free faster. mortgage calculator canada

    ReplyDelete

Semua Link Aktif Akan Disembunyikan.

TERPOPULER

TERBARU

Jelajahi.