Tutorial Blogger HTML CSS SEO
Tutorial mengenai Blogger, HTML, CSS, SEO, hingga Web Design untuk pemula dan menengah. Semuanya tersedia secara gratis dan mudah dipahami.
apa itu email dan bagaimana cara membuat email baru dengan gmail

apa itu email dan bagaimana cara membuat email baru dengan gmail

December 05, 2019   Ikhsan Maulana   0
email dengan gmail
Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu email dan cara membuat email di zaman sekarang, rasanya agak aneh, tapi Anda jangan risau karena saya akan memberi tahu Anda cara membuat akun email atau cara daftar akun email melalui Gmail secara lengkap dan terperinci.
Untuk Anda yang cuma punya HP atau malas membuka laptop atau komputer tidak usah khawatir, karena Anda juga bisa membuat email dengan HP dan tentunya caranya tidak berbeda jauh dengan tutorial kali ini.

Dengan membuat akun gmail, Anda juga akan otomatis membuat akun google baru, karena akun Gmail kita bisa digunakan untuk semua produk Google seperti blogger, Google Analitycs dan produk Google lainya.

 Apa itu Email?

Apa itu email?
E-mail atau electronic-mail merupakan bentuk digital dari surat fisik. Dalam bahasa Indonesia sendiri E-mail disebut juga dengan Surat Elektronik (Surel).

Email memiliki fungsi yang sama sebagaimana surat fisik pada umumnya yaitu bisa digunakan untuk mengirim pesan.

Contohnya, apabila dulu kita ingin mengirim surat ke seorang teman, kerabat atau mungkin kantor, maka kita harus menulis surat secara manual di kertas, kemudian kita balut dengan amplop dan kita harus berjalan lagi ke kantor pos yang mungkin saja jaraknya jauh dari rumah, itupun sampainya mungkin 2-7 hari setelahnya. Pokoknya ribet sekali deh.

Tapi, dengan adanya teknologi email ini, kita tidak perlu repot seperti itu lagi untuk mengirim surat.

Yang perlu kita lakukan cukup membuka laptop, gadget, komputer atau tablet kita lalu ketik-ketik-ketik lalu kirim kemudian selesailah kita mengirim email dan penerima email pun akan segara menerima email kita dalam waktu singkat, Mudah sekali bukan?

Dan bukan itu saja, email juga mempunyai kelebihan lain dari surat fisik biasa, yaitu Anda dapat mengirim pesan dan juga sebuah file!

file yang dapat Anda kirim adalah gambar, berkas, pesan suara, dan bahkan video! ya... video! dengan email akhirnya kita bisa membagikan video yang mantap-mantap kepada teman kita... yap, contohnya video makanan yang mantap, ataupun minuman yang mantap.

Disisi lain, kini email bukan hanya digunakan sebagai pengirim pesan saja, melainkan juga digunakan sebagai identitas kita di dunia maya.

Katakanlah sosial media seperti Facebook, Twitter, Line, Pinterest dan lainya, membutuhkan identitas kita. Namun, karena ini merupakan dunia maya, maka tidak mungkin kita menggunakan kartu tanda pengenal fisik sebagai identitas dengan menscannya bukan?

Sehingga email atau surel lah yang berperan untuk menggantikan fungsi kartu tanda pengenal sebagai "wadah" identitas kita di dunia maya.

Maka dari itu, pada zaman ini rasanya kita memang wajib mempunyai email untuk menunjang kebutuhan kita di dunia maya seperti untuk berkomunikasi, berkerja dan lainya.

Kenapa Harus Gmail?

Memang banyak sekali perusahaan penyedia email secara gratis, seperti Yahoo!, Outlook (Perusahaan Punya Microsoft), dan lain-lain.

Tapi Gmail memiliki 2 kelebihan yang membuat kita sangat membutuhkanya, yaitu :

1. Gmail digunakan secara masif di Indonesia.

data pengguna email di Indonesia pada 2016
sumber: katadata.co.id

Dilansir dari katadata.co.id bahwa pengguna email di Indonesia pada 2016 lalu didominasi oleh pengguna Gmail, terdapat 81,8 juta pengguna internet di Indonesia yang menggunakan Gmail, sementara yang menggunakan Yahoo! hanya 43,6 Juta saja.

Itu berarti pesaing terdekat Gmail yaitu Yahoo! sekalipun masih terpaut hampir 50% pengguna dari Gmail. Jangan ditanya lagi mengenai pengguna email perusahaan yang hanya berjumlah 5 Juta.

2. 73% perangkat mobile menggunakan Android.

data pengguna mobile di seluruh dunia
sumber: katadata.co.id

Kembali dilansir dari katadata.co.id bahwa pengguna perangkat mobile di dunia mayoritas menggunakan android, yang hakikatnya pasti menggunakan akun google.

Sehingga dari kedua aspek tersebut menurut saya sudah menjadi alasan yang kuat untuk memilih Gmail, dan menurut pengalaman saya pribadi bahwa tampila gmail jauh lebih mudah dimengerti dibanding Google.

Cara Membuat Email atau Surel

1. Buka situs Gmail dengan mengeklik tombol berikut :

2. Setelah Anda membukanya, klik "Buat Akun" di sisi kiri atas.

cara membuat email - langkah 1

3. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pengisian identitas dasar.

cara membuat email - langkah 2
Keterangan :
  1. Isi dengan nama depan Anda.
  2. Isi dengan nama belakang Anda.
  3. Isi sesuai nama yang ingin Anda gunakan untuk akun Gmail Anda. (gunakan nama yang unik untuk menghindari duplikat nama, contohnya "namaAnda099" atau "Andanama007"
  4. Isi dengan password atau kata sandi yang akan digunakan untuk akun gmail Anda. (Isi dengan kata sandi yang unik dan jangan menggunakan kata yang familiar, seperti "inipasswordnya" atau "password" atau juga "123456789")
  5. Isi dengan mengetik ulang kata sandi yang sudah Anda buat di kotak nomer 4.
  6. Tombol "Berikutnya" untuk melanjutkan pendaftaran akun Anda.

4. Klik Tombol "Berikutnya" seperti yag tertera pada kotak nomer 6.

5. Kini Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya yang berisikan verifikasi nomer hp Anda.

cara membuat email - langkah 3
Keterangan :
  1. Pilih lokasi Indonesia (Ditandai dengan bendera Indonesia), kemudian isi dengan Nomer HP milik Anda. (diusahkan jangan menggunakan nomer hp orang lain, karena itu akan digunakan sebagai verifikasi akun Anda dan juga akan mempengaruhi kemanan akun Anda nantinya).
  2. Tombol untuk melanjutkan pendaftaran.

6. Klik tombol "Berikutnya".

7. Kini Anda akan dihadapkan dengan halaman verifikasi nomer HP.

cara membuat email - langkah 4
Keterangan :
  1. Isi dengan kode yang diberikan oleh pihak Google kepada Anda. Caranya :
    • Buka HP Anda.
    • Buka Aplikasi "Message" atau "Pesan" di HP Anda.
    • Kemudian cek pesan dari "Google".
    • Lihat Kode yang diberikan Google, bentuknya akan kurang lebih akan seperti yang tertera pada gambar di atas.
  2. Pada kotak ke-2 Anda dapat melihat pilihan "Telepon Saja", itu merupakan pilihan kita untuk mendapatkan kode melalui suara. Apabila kita memilihnya, maka pihak Gmail akan menghubungi HP Kita dan memberikan Kodenya secara lisan.

8. Klik tombol "Verifikasi".

9. Kini Anda telah memasuki halaman pengisian Identitas yang lebih dalam.

cara membuat email - langkah 5
Keterangan :
  1. Kotak ini adalah nomer HP yang Anda akan gunakan sebagai penjamin keamanan nanatinya. Seperti mereset password ketika Anda lupa atau menerima pemberitahuan bahwa akun Anda telah login di tempat lain.
  2. Isi kotak ini dengan Email yang akan Anda gunakan sebagai Email "cadangan", ini berfungsi ketika Anda lupa kata sandi Anda, maka email baru akan dikirim ke email cadangan tersebut.
  3. Isi dengan tanggal lahir Anda.
  4. Pilih sesuai gender Anda.
  5. Tombol untuk menlanjutkan.

10. Klik Tombol "Berikutnya".

cara membuat email - langkah 6

11. Klik tombol "Lewati" (Halaman ini untuk mensingkronisasikan nomer HP Anda dengan Akun Google Anda, Apabila Anda bersedia silahkan klik ''Ya, saya ikut")

12. Kini Anda sudah berada pada tahap akhir pendaftaran, yaitu persetujuan ketentuan Google.

cara membuat email - langkah 7
Keterangan :
  1. Ini Merupakan "Scroll bar", silahkan Anda Gulirkan ke paling bawah untuk memunculkan tombol ke-2 (Saya sarankan Anda membaca semua syarat dan ketentuan tersebut dengan benar).
  2. Tombol "Saya setuju"

13. Klik tombol "Saya setuju".

14. Pada tahap ini Anda sudah berhasil membuat akun Gmail!

15. Ketika Anda masuk ke Dashboard atau papan pengaturan, maka saat pertama kali menggunakanya akan muncul pesan selamat datang.

cara membuat email - langkah 8

16. Silahkan klik tombol "Berikutnya".

17. Selamat, sekarang Gmail Anda sudah siap digunakan!

Akhir Kata

Itulah cara membuat Gmail terbaru pada tahun ini, tidak menutup kemungkinan bahwa caranya akan berubah seiring waktu. Karena Gmail sendiri merupakan anak perusahaan Google yang selalu membuat pembaharuan baru setiap kurun waktu 2-5 tahun.
Info Penulis
foto profil
Ikhsan Maulana

Seorang Mahasiswa biasa di kampus biasa-biasa dengan lingkungan yang biasa-biasa namun mencoba meraih hal yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar & Diskusi

Belum Terdapat Komentar

Ayo Jadilah Yang Pertama Berkomentar!

Semua Link Aktif Akan Disembunyikan.

TERBARU

Jelajahi.