Tutorial Blogger HTML CSS SEO
Tutorial mengenai Blogger, HTML, CSS, SEO, hingga Web Design untuk pemula dan menengah. Semuanya tersedia secara gratis dan mudah dipahami.
Cara mengatasi postingan yang tidak muncul di homepage Blogger

Cara mengatasi postingan yang tidak muncul di homepage Blogger

December 15, 2019   Ikhsan Maulana   0
homepage
Dalam blogger kita bisa mengatur berapa jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman beranda atau biasa disebut halaman homepage.

Fitur tersebut sangat berguna untuk mengatur fungsionalitas homepage kita, yang bisa kita integrasikan dengan widget lainya sehingga pengunjung bisa mendapatkan postingan atau artikel kita dengan mudah.
Namun bagaimana jadinya apabila ternyata artikel yang muncul di halaman homepage kita tidak sesuai dengan jumlah artikel yang kita inginkan?

Itulah salah satu masalah yang pernah saya alami, masalah ini cukup membuat saya merasa jengkel. Karena, memunculkan postingan di halaman index benar-benar akan mempengaruhi pengalaman pengguna saat menyusuri situs saya.

Apabila postingan yang saya buat tidak bisa di cari di halaman homepage atau bahkan halaman indeks lain, maka rasanya sia-sia saja saya membuat artikel.

Walaupun artikel tersebut akan tetap muncul ketika kita menggunakan pencarian dan tetap terindeks Google sehingga dapat tetap dikunjungi, tetap saja itu akan mengurangi kesempatan saya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung situs saya.

Sayapun yakin hal ini juga dirasakan oleh orang-orang yang memiliki masalah yang sama dengan saya.

Namun Alhamdulillah saya telah menemukan cara mengatasinya, dan akan saya bagikan dalam artikel kali ini.

Penyebab artikel tidak muncul

Sebelum kita mengatasi masalahnya, sudah sewajarnya kita mengetahui terlebih dahulu akar dari masalahnya. Agar kita tidak tekena masalah yang sama di kemudian hari.

Sejauh ini, saya menemukan dua sebab utama mengapa hal tersebut bisa terjadi.

1. Artikel yang dicopas dari Ms.Word atau aplikasi yang sejenis

Hal ini bisa juga menyebabkan masalah itu muncul, saya sendiri pernah mengalaminya. Saat itu saya mengedit artikel saya di blogger, namun saya rasa "ribet", jadi yang saya lakukan adalah mengcopy semua teks di blogger yang sudah saya buat kemudian saya paste di Ms.Word.

Lalu saya ganti semua kata yang ingin saya edit untuk setelahnya saya copas kembali ke Blogger. Dan yap, hal masalah itu terjadi.

2. Artikel yang memiliki ukuran file yang amat besar.

Jadi, setelah saya saat mengalami masalah ini, saya sempat mencari-cari informasi di forum internasional. Kemudian saya sampai pada kesimpulan bahwa ternyata Blogger membatasi ukuran file postingan yang dapat ditampilkan di halaman homepage.

Jadi ketika kita melebihi kapasitas maksimal itu, blogger akan otomatis membatasi artikel yang muncul di homepage. Untuk ukuran masksimalnya sendiri saya tidak terlalu tahu, tapi yang pasti ketika kita membuat postingan yang isinya gambar beresolusi tinggi dengan jumlah yang banyak, Maka blogger akan membatasinya.

Contoh Kasus

Saat artikel ini dibuat saya memiliki artikel lebih dari 7, kemudian saya mengatur jumlah postingan yang muncul yaitu 16 artikel.

Berikut settingnya :

setting jumlah artikel blogger
Namun masalahnya, artikel yang muncul tidak sesuai dengan jumlah artikel yang saya inginkan. Di dalam homepage terdapat kekurangan 1 artikel lagi dari yang seharusnya 16 artikel :

artikel tidak muncul di homepage
Lalu bagaimana cara kita mengatasi masalah tersebut?

Cara Mengatasi Postingan Tidak Muncul di homepage

1. Hindari copas artikel melalui Ms.Word atau WPS Office

Terkadang Smartphone Blogger akan menggunakan Microsoft Word atau WPS Office untuk digunakan sebelum mengcopasnya di blogger, karena memang blogger belum mensuport blogger lewat HP.

Namun, karena itu dapat menimbulkan masalah, maka sebaiknya dihindari menggunakan kedua aplikasi tersebut. Apabila Anda melakukanya namun baik-baik saja maka tidak apa-apa.

Masalah yang disebabkan oleh hal ini juga memang terbilang cukup jarang dibanding dengan penyebab yang kedua.

2. Gunakan Jumpbreak di postingan

Telah kita ketahui dari penyebab kedua yang telah dibahas bahwa salah satu penyebab postingan tidak muncul adalah karena ukurang postingan yang terlalu besar.

Sedangkan blogger membatasi jumlah atau ukuran file yang dapat ditampilkan di halaman depan blog atau homepage.

Untuk mengatasinya maka kita dapat menggunakan fitur jumpbreak, yaitu fitur yang berfungsi untuk memotong artikel kita. Namun, tidak perlu khawatir, karena fitur tersebut tidak benar-benar memotong artikel kita atau menghapusnya.

Sebagai contoh, mari kita selesaikan contoh permasalahan yang sudah saya berikan sebelumnya, Dimana postingan dalam homepage saya kurang satu.

Tahap Penyelesaian :

1. Cari postingan atau artikel mana yang memiliki ukuran file yang besar

Biasanya file yang memiliki file besar adalah artikel yang memiliki banyak gambar dengan resolusi yang cukup tinggi.

Dalam masalah ini saya sudah menemukan artikel yang saya rasa memiliki ukuran yang amat besar :

artikel dengan ukuran file besar

2. Langsung saja kita edit postingan yang memiliki ukurang besar tersebut.

jumpbreak blogger
Keterangan Gambar
  1. Tombol Jumpbreak
  2. Hasil jumpbreak

3. Letakan jumpbreak di bawah paragraf pertama seperti pada gambar diatas

4. Klik "Update"

5. Selesai!

Penjelasan Fungsi Penggunaan Jumpbreak

Jumpbreak berfungsi untuk memotong alur pengambilan data yang dilakukan oleh browser, sehingga alur browser yang tadinya akan mengambil semua data postingan yang tertera pada homepage akan berubah dan terpotong.

Hal ini akan membuat browser hanya akan membaca alur data yang tidak di potong oleh jumpbreak, sehingga browser tidak perlu mengambil jumlah data yang amat besar dari setiap postingan.

Berikut ilustrasinya :

penjelasan jumpbreak

Akhir Kata

Masalah ini terkadang memang mengesalkan bagi kita, tapi ya inilah salah satu kekurangan dari CMS Blogger yang harus kita terima. Walaupun gratis, ada juga kekurangnya dan kita harus tetap bersyukur hehe. 

Baik, demikianlah artikel tutorial Cara mengatasi postingan yang tidak muncul di homepage Blogger, semoga cara diatas dapat mengatasi masalah sobat ya!

Apabila ada kendala silahkan Anda tanyakan di kolom komentar.
Info Penulis
foto profil
Ikhsan Maulana

Seorang Mahasiswa biasa di kampus biasa-biasa dengan lingkungan yang biasa-biasa namun mencoba meraih hal yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar & Diskusi

Belum Terdapat Komentar

Ayo Jadilah Yang Pertama Berkomentar!

Semua Link Aktif Akan Disembunyikan.

TERPOPULER

TERBARU

Jelajahi.