Tutorial Blogger HTML CSS SEO
Tutorial mengenai Blogger, HTML, CSS, SEO, hingga Web Design untuk pemula dan menengah. Semuanya tersedia secara gratis dan mudah dipahami.
Inilah 11 alasan kenapa Anda harus mulai membuat blog

Inilah 11 alasan kenapa Anda harus mulai membuat blog

December 09, 2019   Ikhsan Maulana   0
blogging
Saya masih ingat ketika saya masih berumur 15 tahun, pada saat itu saya baru saja mengenal dunia blog. Awalnya saya kira blog itu hanya untuk orang yang sudah berkerja saja, jadi saya saat itu tidak punya alasan kenapa saya harus memulai blog.

Tapi ternyata setelah saya berselancar di internet, baca-baca mengenai blog, saya mulai menemukan sebuah topik. Topik tersebut membuat saya tertarik untuk memulai blog, topiknya yaitu coding.

Aneh bukan? kenapa dari coding jadi blogging?
Pada saat itu dengan polosnya saya mengira bahwa mengkoding artinya bisa membuat blog, sehingga saya tertantang untuk mempelajari bagaimana cara membuat blog, cara mengedit tema blog, dan lain-lain yang kemudian membawa saya ke tujuan utama saya, yaitu belajar koding.

Dalam perjalanan menemukan materi koding tersebut saya menemukan bahwa dunia blogging itu ternyata menarik, sehubung pada saat itu saya mungkin bisa dibilang seorang introvert.

Bagaimana tidak, saat anak dengan usia SMP atau 12-16 tahun main, saya malah jarang main dan keluar rumah. Pekerjaan saya hanya berkutik  di sekolah - kamar tidur - kamar mandi - ruang makan.

Pada saat itu bahkan saya lumayan dijauhi oleh teman-teman saya, mungkin karena terlalu pendiam sehingga mereka menganggap saya aneh, walaupun memang setelah waktu bergulir semuanya menjadi normal.

Sehingga komunitas blog membuat saya merasa memiliki lebih banyak teman, walaupun saya sama sekali tidak mengenal mereka.

Kemudian dari blogging itu saya mendapatkan banyak sekali manfaat, yang mana hal tersebut akan saya jabarkan tentu akan menjadi alasan kenapa kita harus memulai sebuah blog.

Haruskah saya mulai membuat blog?

kenapa harus mulai blogging
Ketika saya disodori dengan pertanyaan tersebut, maka jawabanya adalah tergantung.

Kenapa tergantung? karena semua tindakan kembali lagi kepada kita, sehingga untuk memperkuat kita untuk bertindak, kita harus mengetahui dulu tujuan utama untuk membuat blog.

Apakah tujuan kita itu untuk mendapatkan uang, mempromosikan bisnis, atau sekedar mengekspresikan diri?

Semua tujuan itu, akan saya perkuat dengan alasan-alasan berikut :

Alasan harus memulai blog

1. Promosi diri dan membuka peluang baru

promosi diri
Pada dasarnya ketika kita menulis blog, kita telah memiliki sebuah alat atau wadah untuk memperomosikan diri kita. Blog juga bisa menjadi jalan kita untuk terlihat lebih profesional dan expert dalam suatu bidang.

Anda akan kagum ketika melihat dirimu mungkin akan mulai dihormati dan orang-orang mulai mencarimu. Contohnya kisah hidup blogger Timon Adiyasa dengan mastimon.comnya yang Ia menceritakan bahwa dia awalnya hanya seorang pekerja biasa, namun kini berhasil meraih keuntungan puluhan juta perbulan melalui blog.

Bahkan, kini ia juga sudah membuat grup konsultasi blog dan membuka jasa pembuatan blog dan domain.

Kemudian kisahnya Hanifa Ambadar yang mendirikan Female Dairy Network yang berawal dari sebuah blogger.

Sehingga blogger bisa membuka peluang sebelumnya mungkin tidak Anda sangka akan mendapatkanya.

2. Blog membantumu mengembangkan bisnismu

mengembangkan bisnis
Apakah Anda memiliki usaha ataupun bisnis? apakah usahamu itu memiliki blog? kalau tidak maka Anda telah kehilangan banyak kesempatan.

Karena dengan blog, Anda dapat mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar, Anda juga dapat mengembangkan koneksi bisnismu lebih lebar.

Kalau Anda memiliki bisnis kemudian memiliki blog, maka konsumen dapat membaca sejarah bisnismu, strategi bisnismu atau kelebihan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik untuk menjadi konsumen produkmu.

Dengan memiliki blog juga Anda bisa memperlebar sayap bisnismu, karena blog akan membuat situs bisnismu menjadi muncul di mesin pencari. Sehingga semakin banyak orang dapat tersaring.

Contoh bisnis dan perusahaan yang memiliki blog adalah Niagahoster.com, Hostinger.com, Rumahweb.com, dewaweb.com dan masih banyak bisnis lain yang memanfaatkan blog sebagai sarana mengembangkan bisnis mereka.

3. Anda dapat menghasilkan uang dengan blog

Menghasilkan uang dengan blog
Mungkin Anda sudah mendengar cerita atau melihat orang-orang yang mendapatkan uang hanya dari blogging. Tentu saja hal tersebut sangat mungkin dilakukan, namun memang hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Tapi jangan khawatir, karena memang semua hal harus diusahakan. Tidak ada bisnis atau pekerjaan yang langsung besar tanpa ada usaha yang keras.

Kalau Anda seorang yang berbakat dalam matematika pun tentu tidak mungkin Anda bisa langsung menyelesaikan soal kalkulus atau trigonometri ketika Anda pertama kali melihatnya. Perlu ada usaha untuk mempelajarinya.

Usain bolt bisa memenangkan 6 Medali emas cabang lari maraton secara berturut-turut dalam 3 olimpiade sekaligus, artinya ia bahkan tidak meghabiskan waktu lebih dari 20 menit dari total lomba larinya tersebut.

Tapi tahukah Anda bahwa usain bolt mempersiapkan semua itu dalam jangka waktu 20 tahun?

Hal tersebut tidak berbeda dengan blog, namun tentu tidak akan menghabiskan waktu sebanyak puluhan tahun, tapi ya setidaknya 1 tahun atau bahkan beberapa bulan saja kalau Anda bersungguh-sungguh mempelajari blog.

Namun, setelah Anda mendapatkan kuncinya, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan pendapatan dari blog.

Contohnya blogger-blogger seperti Marixon Manurung, Juragan Cipir, dan Timon Adiyasa yang sukses dalam dunia blog.

4. Blogging itu mudah!

blogging itu mudah
yap, blogging itu amatlah mudah. Diluar sana banyak orang yang mengira blogging itu sulit, padahal mereka rajin update status setiap harinya.

Blogging tidak jauh berbeda dengan mengupdate status sosial media kita, perbedaanya hanyalah tempat kita menulis. Semua materi kembali lagi kepada kemampuan dan keinginan masing-masing, persis seperti mengupdate status kita.

Mungkin yang sulitnya hanyalah bagian mensetting atau mengatur template blognya saja, namun sebenarnya tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan Wordpress apabila Anda benar-benar tidak mau berurusan sedikitpun dengan yang namanya HTML, CSS atau Javascript.

Namun, apabila Anda bersedia meluangkan waktumu sedikit untuk mengatur template, mungkin Anda bisa menggunakan blogger sebagai platform menulismu. Keuntunganya adalah blogger 100% gratis dan tanpa iklan.

Sedangkan Wordpress apabila tak ingin ada iklan kita harus meyewa hosting dan domain sendiri.

5. Google menyukai blog

google
Ketika blog Anda sudah siap, maka Google akan mulai menjelajahi blogmu. Artinya Anda akan mulai mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari.

Hal tersebut sangatlah bagus, karena dengan begitu kini Anda akan mulai bertemu dengan calon partner bisnismu atau pengungjung tetap blogmu.

6. Blog menjadikan dirimu lebih baik

seorang yang lebih baik
Dengan memiliki blog, tentunya Anda telah melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi Anda. Karena blogging sendiri mengasah kemampuan dan juga personalitas diri Anda sebagai seorang individu.

Meningkatkan skill menulis

Dengan blogging, sudah pasti Anda akan sering menulis. Sehinga blogging akan membuatmu terbiasa menulis secara kreatif dan menarik.

Banyak orang yang kesulitan untuk merangkai kata, namun setelah menjadi blogger Ia mulai bisa "mengendalikan" otaknya untuk merangkai kata dengan baik menyampaikanya secara rapih.

Blogging juga akan membantumu menulis karya ilmiah, biasanya para mahasiswa kesulitan untuk membuat sebuah tulisan bahkan hanya untuk satu halaman pun terkadang menghabiskan waktu berjam-jam. Dengan blogging akan membantu dirimu lebih kreatif dalam berfikir dan menulis tapi tetap sesuai dengan ketentuan fakta ilmiah.

Meningkatkan kedisiplinan

Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan blogging benar-benar menuntutmu untuk disiplin denga waktu. Bagaimana tidak, Sebagai blogger kita harus bisa menyajikan konten secara berkala. Sedangkan kita tentunya juga memiliki kesibukan lainya.

Dan saya pun mengalaminya sendiri, dengan blogging saya bisa belajar bagaimana memanage waktu yang saya miliki. Apalagi saat artikel ini dibuat, saya adalah seorang mahasiswa yang tentunya waktu saya banyak habis oleh perkuliahan.

Sehingga blogging ini benar-benar mengajarkan saya bagaimana agar bisa tetap menulis walau ditengah kesibukan saya berkuliah.

Menambah wawasan

Hal ini sudah mutlak sifatnya, karena untuk menulis suatu materi di blog, kita tentunya harus melakukan riset.

Sehebat apapun kita, tentunya kita ingin melihat referensi dari karya tulisan orang lain untuk dijadikan inspirasi dan juga menjadi bahan patokan bagi kita untuk menulis.

Secara tidak langsung, dengan kegiatan riset, kita akan membaca banyak pengetahuan baru yang membawa kita menjadi seseorang terbiasa membaca informasi dan pengetahuan baru.

Kemudian dari situlah jendela pengetahuan mulai satu-persatu terbuka. Sehingga kita dapat melihat dunia ini dengan pandangan yang lebih luas dari sebelumnya.

Introspeksi diri

Dengan terbukanya jendela-jendela baru pengetahuan, kita akan mulai menyadari bahwasanya kita bukanlah seseorang yang tahu banyak hal, kita akan mulai merendah dan tetap terus belajar.

Karena kita tahu bahwa ternyata banyak sekali hal yang belum kita ketahui, dan hal tersebut amat membantu kita agar terus termotivasi untuk belajar dan tidak sombong terhadap orang lain.

Bahkan, karena blogger bersifat interaktif, artinya pembaca dapat berinteraksi dengan penulis melalui kolom komentar. Sehingga orang lain dapat memberikan kritikan membangun kepada diri kita agar kita bisa meningkatkan kualitas diri kita.

7. Blogging membantu orang lain

membantu orang lain
Blogging juga akan sangat bermanfaat bagi orang lain, setiap ilmu dan pengalaman yang kita bagikan akan sangat berharga bagi orang-orang.

Banyak orang yang menghadapi masalah, dan masalahnyapun beragam. Mulai dari masalah mata kuliah, keluarga, teknologi, sosial, bisnis dan lain-lain. Dengan membagikan ilmu kita, maka kita telah memberikan solusi kepada orang lain.

8. Menjaga silaturahmi dan hubungan

menjaga silaturahmi
Bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu, blog juga bisa menjadi wadah untuk saling berkomunikasi atau sekedar saling sapa belaka.

Karena dengan blog, orang-orang terdekat Anda akan dengan mudah membaca aktifitas Anda, ide-ide Anda dan juga kesuksesan yang sudah Anda raih.

9. Anda dapat berkontribusi pada perubahan

jadikan dunia lebih baik
Banyak sekali hal buruk yang terjadi di dunia ini, mulai dari tindakan kriminal, bullying, tindakan tak menjaga lingkungan dan lain-lain. Dengan blogging kita bisa ikut ambil bagian dengan menyuarakan kebenaran. Sehingga diharapkan hal-hal buruk yang kita anggap buruk bisa kita benahi bersama-sama. 

Selain itu, kita juga bisa menyuarakan suara positif baru untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Contohnya kita mungkin bisa menyuarakan 1 plastic 1 trash, gerakan ini mengajak untuk mengambil 1 sampah setiap kali kita membeli 1 produk yang menggunakan sampah.

Atau program dan gagasan lainya yang menurut kita baik untuk diterapkan di masyarakat, akademik dan lainya.

10. Blogging bisa menjadi hobi barumu

hobi menulis
Apabila Anda memiliki banyak waktu luang, alias gabut. Maka blogging bisa menjadi hobi positif yang dapat Anda lakukan.

Anda dapat mulai "kecanduan"(dalam konteks yang positif) menulis diblogmu ketika Anda sudah menemukan tempat pas bagi dirimu dalam dunia blogging.

11. Blog bisa menjadi langkah awalmu untuk menjadi penulis

penulis
penulis / freepik
Blog yang notabenya adalah kegiatan menulis, bisa menjadi batu pijakan bagi Anda apabila Anda ingin menjadi penulis. Sudah tak terhitung jumlah novel dan buku yang ditulis ulang dari wattpad ataupun blog pribadi.

Contohya seperti karya Chaos@work yang menambil materi buku "My Stupid Boss" Dari blog yang ia bangun.

Akhir Kata

Kita hidup di zaman modern yang perkembangan teknologinya sungguh luar biasa pesat. Dahulu mungkin untuk mengirim pesan saja harus menggunakan jasa pos. Kini kita bisa melakukannya hanya dengan menggerakan jari kita saja di gadget.

Kemudahan ini tentu menjadi kesempatan bagi kita untuk terus mengembangkan potensi diri kita, khususnya dalam hal menulis. Blogging bisa menjadi pilihan terbaik bagimu untuk mulai mengembangkan bisnis, skill, pengetahuan dan eksistensi dirimu.

Jadi tunggu apalagi? ayo mulai blogging!

Info Penulis
foto profil
Ikhsan Maulana

Seorang Mahasiswa biasa di kampus biasa-biasa dengan lingkungan yang biasa-biasa namun mencoba meraih hal yang luar biasa.

Artikel Terkait

Komentar & Diskusi

Belum Terdapat Komentar

Ayo Jadilah Yang Pertama Berkomentar!

Semua Link Aktif Akan Disembunyikan.

TERBARU

Jelajahi.